My Youtube

Loading...

Google+ Followers

Selasa, 12 November 2013

~Make Over "Saung Lelly" Become a Musholla~


"Saung Lelly", Rumah Kayu Ganthay, Cisaat, Sukabumi

Saung Lelly
"Saung" adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubung kecil. Biasanya kata saung digunakan untuk menyebut sebuah gubug kecil yang ada di luar rumah seperti sawah, ladang, kebun atau dimana saja pokoknya terpisah dari bangunan rumah. Saung juga biasanya dipakai sebagai tempat beristirahat, berteduh, jamuan makan atau kegiatan lain seperti tempat bersantai, mengobrol atau pertemuan. Sekarang saung banyak digunakan untuk nama apa saja yang diharapkan dapat memberikan image atau nuasa pedesaan seperti restaurant mewah, cafe, kursus, bahkan sudah merambah ke dunia maya sebagai nama website atau blog.
"Saung Aden", terletak diseberang kanan dari saung lelly,
Rumah Kayu Ganthay, Cisaat, Sukabumi

Kebetulan tempat tinggal kami berada di pedesaan yang banyak di kelilingi oleh kolam ikan, tambak udang dan sawah, Jadi untuk kamar-kamar yang terletak di luar dari area rumah utama kami, kami menyebutnya dengan sebutan "Saung". Setiap anak memiliki kamar masing-masing, sehingga ketika suatu saat berkumpul di Villa ganthay, tidak bingung lagi akan beristirahat dimana. Saung-saung ini sengaja dibuat terpisah, karena rata-rata sudah banyak yang menikah dan memiliki keluarga kecil sendiri, sehingga agar nyaman dan terprivacy, dibangun atau didesign seperti demikian.  Salah satunya adalah Saung Lelly. Nama saung ini diambil dari nama kecilku,.. panggilan ku dirumah.  Saung Lelly terletak diujung sebelah kiri disisi kanan saung ada tambak udang galah. Bangunan ini dibangun pada tahun 2011, bila dibanding dengan saung yang lain, saung ini lebih berkesan modern simple.  Saung ini  berhadapan dengan "Saung Cepot", dan tidak jauh pula dari "Saung Aden" dan "Saung Kabayan".

"Saung Kabayan", berada didepan Saung Aden,
Rumah Kayu Ganthay, Cisaat, Sukabumi

 
Ferdi & Lia,  "When Sunrise", In front of  Saung Lelly

Di depan Saung lelly, ada "Saung Cepot"

Saya akan bercerita sedikit bagian dalam dari Saung lelly, sebelum di make over. Di saung ini tempat dimana aku dan keluarga kecilku beristirahat ketika hari liburan tiba. Ruangan yang sengaja aku buat nyaman, agar aku dan keluarga ku betah. Karena letaknya jauh dari rumah utama, aku memfasilitasinya semaksimal mungkin agar nyaman dan ketika membutuhkan sesuatu pada malam harinya tidak perlu lagi menggedor pintu rumah utama. Didalam kamar terdapat satu spring bed King, dengan hiasan kelambu supaya digigit nyamuk. Disisi kanan kiri terdapat meja nakas, untuk menyimpan pernak pernik. 

  

Terdapat pula sofa bed, yang dapat dijadikan bed untuk istirahat. Kadang-kadang  anak-anak tiduran sambil main PSP di sofa ini. Dilengkapi pula dengan DVD player, televisi, lemari, dispenser, meja rias, dan meja kaca untuk menaruh makanan.

 

Make Over "Saung Lelly" become a Musolla
Menurut wikipedia kamus  bahasa indonesia, bahwa pengertian Musala atau Musholla  (bahasa Arabمصلّى), adalah  tempat atau rumah kecil menyerupai masjid yang digunakan sebagai  tempat mengaji dan salat bagi umat islam. Musholla juga sering disebut sebagai langgar atau surau. Fasilitas ini sangat penting untuk kegiatan agama.

Kekurangan dari villa atau tempat tinggal kami adalah belum memiliki  fasilitas mushola.  jadi kalau ada tamu datang ke villa, mereka sholat di kamar atau di saung, atau bahkan terkadang di ruang karaoke di lantai atas. So, karena sejak pindah to sukabumi, saya tidak ingin menempati saung itu, karena tidak ingin jauh dari rumah utama. akhirnya saung ku di sulap menjadi musholla saja. Penampakannya seperti ini sekarang....

 
Ruangan ini sudah disulap seperti ini, hanya dilengkapi dengan lemari, sajadah dan jam dinding serta hiasan dinding. Untuk wudhu dapat dilakukan di kamar mandi, terdapat sketsel yang membatasi antara tempat sholat dengan kamar mandi. Semoga sarana ini dapat bermanfaat.

 





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hi, .. Thank you for visiting and taking your time to read my posts in this blog. Although sometimes I can not always reply to every comment that comes, but I am very happy to receive and read it.

I'm waiting for comments, feedback, emails and sharing your posting. Hope you enjoy visiting my blogspot.
Greetings success!!