My Youtube

Loading...

Google+ Followers

Selasa, 11 Juni 2013

Membuat Aplikasi Blog di Blackberry

Senengnya googling bisa ketemu blog nya Kang Doet, yang mengulas tentang cara buat blog di blackberry. Jujur udah lama banget saya ingin punya aplikasi di Blackberry. Jadi kalo ma ngeblog ga repot buka laptop atau komputer,... dapat akses melalui HP blackberry.

Begitu baca ulasannya aku langsung mengikuti langah-langkah cara buat aplikasi Blackberry,.. ternyata mudah,... and sehari kemarin berhasil buat 2 aplikasi blackberry, yang berisi tentang blog craft dan blog pribadi,... cueeenenggg nya,.. 

Ini dia aplikasi yang aku buat "Lentera Blog" berisi tentang
pengetahuan, tutorial craft/ handycraft yang aku buat, resep masakan, 
kumpulan cerita dongeng untuk anak sebelum tidur dan kumpulan lirik-lirik lagu


 Satu lagi ini "Lailys Blog",.. berisi blog pribadi dan anak-anakk, mengenai kegiatan 
sehari-hari, artikel, tips, apapun yang ingin aku tulis di blog.


Jadi ini deh 2 aplikasi blog di Blackberry itu,.. senengnya kalo bisa akses
aplikasi sendiri hehehe,..

 
Hasil akhirnya seperti ini tapi belum bisa digunakan karena belum
 didaftarkan ke blackberry app world


Masalahnya begitu aku submit katanya alamat emailnya "not associated " dengan account vendor, padahal akun Blackberry ID dan vendor sama kok,.. apa yang salah ya,..



Jika Ingin buat aplikasi untuk Blackberry,.. silahkan kunjungi blog nya Kang Doet,..
klik aja Link Trick info com di bawah ini :




Senin, 10 Juni 2013

~Selalu Antara Engkau dan Tuhan~



Orang kerap kali tidak bernalar
Tak logis dan egois
Bila begitu maafkalah mereka
Bila engkau baik
Orang mungkin akan menuduhmu
Menyembunyikan sikap egois
Biar begitu tetaplah bersikap baik

Bila engkau jujur dan berterus terang
Orang mungkin akan menipumu
Meskipun begitu tetaplah jujur dan berterus-terang
Bila engkau sukses engkau akan mendapat
Teman-teman palsu dan teman-teman sejati
Biar begitu tetaplah meaih sukses

Apa yang engkau bangun selama bertahun-tahun
Mungkin akan dihancurkan orang semalam
Biar begitu tetaplah membangun

Biar engkau menemukan ketenangan dan kebahagiaan
Orang mungkin akan iri hati dan dengki
Biar begitu tetaplah bahagia dan temukan kedamaian hati

Kebaikan yang engkau lakukan hari ini
Mungkin akan dilupakan orang keesokan harinya
Biar begitu tetap lakukanlah kebaikan

Berikan pada dunia milikmu yang terbaik
dan mungkin itu tak akan pernah cukup
biar begitu tetaplah berikan kepada dunia Milikmu yang terbaik

Ketahuilah pada akhirnya
Sesuangguhnya ini adalah 
Antara Engkau dan Tuhan
Tidak Pernah antara engkau dengan mereka


sumber : Ny. Ito S

Minggu, 09 Juni 2013

~ How Do You Know Your Marriage Is Over?~



How  do you know your marriage is Over...?? Easy to hard questions to be anwered. Perhaps this question can be answered easily by a couple who has experienced ups and downs in their marriage. But there is no harm if we try to discuss it here. I believe everyone wants to get married once in his life, and certainly also want to build a happy marriage. But with the passage of time, the number of trials and problems are not resolved and always tilted continuously from one side, maybe everything will change.

Two people who once loved each other in the early marriage. One began to turn, and treason. Gradually it affects communication between them. Little things can become big issues, the debate between those who never quit.
Marriage will over if we  feel nothing. There is no more anger, no more hatred, no more love, like just nothing.  Relationship become bland. The things your spouse has done, you can go to anger triggers. It is not just about how to control emotions and reactions.

I fear most in a relationship ended with extreme hatred. Beginning of each marriage partner has the hope and vision of an idealistic marriage. But as they stepped into the marriage, often encountered  things not as expected. Differences of opinion, background, perspective of something different from our spouse. Sometimes new problems and complicated so feel free pair or even think to escape. Many couples who claim that their partners have changed since a marital union. In the end, the answer chosen by them.

~ Speechless Sharp and Rough ~

Communication is not merely a matter of how long the couple talked and talked, but what about the quality  of the conversation. If both spouses or one of them  liked to use sharp words, this is a first hint of their relationship will not last long.

Most,.. In their conversation will take them to quarrels, disappointment, hurt and ultimately want to split up because they can not stand anymore.

~ Starting From a Bully ~

 Any insult (bully). excessive criticis,  defensiveness and stubbornly maintained continuously will cause rift. Spouse can not trust, comfort, protection, and support, so that they would eventually realize  that they are  no longer aligned.

~ Emotional ~

No one is able to resist teh temperamental figure. As for if he will reach  the point of boredom and eventually  find someone else who under stand him / her.  Here is the beginning of one of people choose to cheat.

~ Body Language ~
Rarely show affection through touch and non-verbal actions make your further pair. As there is no longer a contact pair was connected and tied. Moreover,.. if only ti give a hug he had not had time. The pair will be bland and lose feeling.

~ Ego Talking ~

Whenever there is a problem, instead of finding a way out for both of us even try to defend and save themeselves. Such selfish actions will not make the problem quickly completed, would make the gap is widening. Especially  when dealing with a partner who is equally stubborn, which can not be accepted input, their relationship will be filled with anxiety and lengthy disputes. The tail will make them say, "it does not fit anymore".

To keep in mind,... when deciding to get married must all be done on the basis of love and thought that long. Dealing with any heavy, formed early commitment is the only law that shoud be retained in order to marriage so no mess.

If you ang the people closest to you are having problems in the marriage, invite to recall the initial commitment has been made. Because marriage is not just a role or status, but something that is done on the basis of love.


Sabtu, 08 Juni 2013

~Turun Ke Bawah Untuk Mengetahui Kondisi Anggota~



 Saya ingin menyampaikan kekutan dari sebuah kebersamaan. Sebaik-baiknya manusia di muka bumi ini adalah manusia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Jika setiap individu memberikan kecerdasan untuk memberi (giving question), maka akan tercipta hubungan harmonis di muka bumi ini. 

"Balighu anni walau ayah,.." artinya sampaikan olehmu walaupun satu ayat. Hal ini saya pahami,..  ketika masih berkiprah di Persit KCK Grup-1 Kopassus,... untuk selalu menyampaikan hal-hal positif  dan baik kepada orang lain, walaupun itu hanya hal-hal sederhana.  Vibrasi positif kita akan mewarnai perilaku dan interaksi keluarga.  Pasti Indah jika keluarga kita selalu mengeluarkan aura atau vibrasi positif. 

Turun Ke Bawah
Saat itu keadaan memaksa saya untuk belajar menjadi seorang pemimpin. Saya berusaha langsung turun ke bawah dan mengunjungi anggota sehingga saya tahu lebih banyak dan dapat berbuat lebih banyak untuk anggota saya. Misalnya berkunjung ketika ada anggota yang sakit.  Ternyata dengan bertatap muka secara langsung dengan anggota itu, saya menjadi tahu keluarganya tidak mampu berobat karena tanggungannya dirumah sangat banyak, sedangkan pendapatannya tidak cukup untuk berobat. 

Tanpa adanya keakraban, keramahan dan keterbukaan, maka organisasi akan gersang. Sebaliknya dengan suasana yang menyenangkan dan penuh tanggung jawab, insya allah organisasi akan bergerak positif dan manfaatnya dapat dirasakan oleh semua anggota. Organisasi itu ibarat sebuah keluarga. Di dalam berorganisasi, ada aturan-aturan yang berlaku tetapi bukan semena-mena. 

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya bisa asal perintah, tetapi dia harus terlibat langsung dalam semua kegiatan organisasi. Dengan begitu akan tumbuh perasaan bekerja secara bersama-sama, untuk kepentingan bersama dan timbul loyalitas anggota terhadap organisasi itu sendiri. "Maka anggota tidak akan malas untuk melakukan karya bagi Persit kartika Chandra Kirana. Tidak ada perasaan karyanya sebagai beban melainkan sebagai buah dari kebersamaan."

Program Yang Mengena
Kebersamaan dapat diperoleh jika seroang pemimpin membuat suatu perencanaan atau program yang matang.  Mungkin dengan memberikan banyak keterampilan-keterampilan kepada anggota, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kegiatan, sehingga setiap anggota merasakan manfaatnya.

~Tuhan Sudah mengatur yang terbaik Untuk Saya~

Saya Berprinsip bahwa apapun yang terjadi saya harus siap menerima apa adanya, karena dibalik itu,Tuhan sudah mengatur yang terbaik untuk saya. Sekarang ini saya terfokus di aktivitas saya dan anak-anak.

Saya adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang terbiasa mengurus pekerjaan rumah, yang harus selalu siap membagi waktu antara kegiatan rumah dan diluar rumah. Yang terpenting kegiatan seharian itu dapat berjalan dengan lancar dan keluarga tidak terlupakan.

Anak-anak saya ajarkan berdemokrasi, yakni bebas memilih namun harus bertanggung jawab. Orang tua hanya memudahkan mereka dalam mencapai cita-cita yang mereka pilih. Membangun komunikasi yang baik dengan keluarga, tidak ada yang ditutupi. Jika ada yang tidak berkenan dihati anak-anak bisa langsung diungkapkan tanpa harus merasa takut untuk disalahkan sepanjang apa yang diungkapkan itu baik dan benar.



~Merambah Dunia Makanan~


Hidup terasa bergairah dan aktifitas seakan tidak henti dari pagi hingga malam, dan dari malam hingga pagi bergulir terus. Begitulah gambaran aktifitas saya sehari-hari. Saat ini saya mulai menggeluti dunia makanan, tepatnya berupa masakan Rendang. Awal ketertarikan saya untuk mengembangkan usaha makanan matang berupa rendang ini berawal hanya membuatkan permintaan beberapa pesanan rendang saudara atau teman-teman.

Saya melihat ada peluang dari usaha makanan ini. Layaknya sebuah usaha, apalagi usaha makanan yang kunci suksesnya tergantung selera dan juga faktor terjangkau harga. Saya memperkirakan usaha ini akan banyak peminatnya. Lagi  pula dengan bekal sedikit pengetahuan resep masakan rendang asli padang dari mertua saya yang memang orang padang. Rendang yang saya kemas agar praktis untuk dibawa-bawa, sangat cocok untuk anak kos, ibu-ibu yang tidak ingin repot masak rendang, bida dibawa travelling, bisa dibawah bagi yang akan berangkat haji atau umroh, dan juga bisa untuk buah tangan atau oleh-oleh. Dengan kegigihan dan keuletan pasti akan mendatangkan buah.

Jiwa bisnis dan kepandaian membaca peluang adalah modal utama yang saya dapatkan dari kakek saya, yang seorang pebisnis sejati.  Saya sangat bersyukur, usaha yang saya  rintis sangat didukung oleh keluarga saya. Walaupun banyak kendala dalam menjalankan usaha, namun semua itu adalah tantangan di dunia usaha.


~Realistiskah Pandangan Anda Tentang PERKAWINAN~




 Apakah yang ada dibenak Anda tentang kehidupan perkawinan??? Sudah cukup realistiskah itu semua? Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur,....

1. Konflik dan kemarahan adalah tanda bahwa hubungan kalian berdua mengalami kegagalan
  •  Benar
  • Salah
2. Kemungkinan akan terjadinya perceraian akan menjadi lebih besar, jika kita memiliki perbedaan sikap, minat dan latar belakang,.
  • Benar
  • Salah
3. Dalam sebuah hubungan yang sehat, perselisihan besar akan terpecahkan dengan sendirinya seiring berjalannya waktu
  •  Benar
  • Salah
 4. Dalam hubungan yang sehat, masing-masing pihak memiliki memiliki definisi yang sama  tentang arti mencintai dan dicintai
  •  Benar
  • Salah
5. Cinta bisa habis seiring berjalannya waktu
  •  Benar
  • Salah
 6. Sebuah perselingkuhan tidak selalu merusak perkawinan
  •  Benar
  • Salah
 7. Orang yang menikah untuk kedua kalinya jauh lebih bahagia karena mereka mampu belajar dari kesalahan sebelumnya.
  •  Benar
  • Salah
Jawaban menurut saya adalah,..

1.  Salah. Menurut saya semua perkawinan, bahkan perkawinan yang paling sukses pun pernah mengalami pasang surut. Adalah mustahil jika kita tinggal seatap dengan seseorang selama bertahun-tahun tanpa mengalami perselisihan. Orang-orang yang memiliki perkawinan yang bahagia mampu memahami bahwa konflik akan selalu mereka jumpai dalam hubungan mereka dengan pasangannya. Konflik ini menjadi sarana bagi keduanya untuk  belajar memahami. apa yang tidak suka dan tidak disetujui.

2.  Salah. Menurut saya pasangan yang tetap bersatu dan memiliki perkawinan bahagia tidak jauh berbeda dari pasangan yang mengalami perceraian. Mereka berasal dari latar belakang, minat, dan nilai yang berbeda pula. Tapi apa yang membedakan mereka dengan pasangan yang mengalami perceraian adalah pasangan sukses mampu  mempelajari cara-cara efektif  dalam menangani konflik dan perbedaan.  Mereka memupuk persamaan menjadi satu kesamaan minat.  Pasangn sukses memiliki keyakinan bahwa hidup akan sangat membosankan jika mereka persis sama dengan mereka bagaiman bayangan di sebuah cermin. Mereka mampu belajar untuk menghargai perbedaan yang ada, serta menemukan cara untuk tetap bisa hidup akur dan damai dengan pasangan mereka. 

3. Salah. Menurut saya kebanyakan pasangan tidak mampu menyelesaikan perselisihan yang mereka alami. Bahkan hingga perkawinan mereka sudah berumur cukup lamapun,.. seperti 10 tahun,.. 15 tahun dst,.. masalah yang menjadi perselisihan merekapun tetap SAMA.  Cara mereka mendiskusikan masalah itulah yang berubah dari waktu ke waktu. Apakah akan mereka tangani dengan baik sehinggan hubungan mereka akan semakin awet. Ataukah mereka tangani dengan hal tidak baik sehingga sampai berakibat Kekerasan dalam rumah tangga, yang akhirnya bencana bagi perkawinan mereka.

4. Salah. Menurut saya tidak pernah ada dua orang yang berbeda mendefinisikan cinta dengan sama. Dulu mungkin saya berfikir pasangan kita akan mencintai kita dengan cara yang sama dan dengan cara yang kita inginkan.  Hal-hal yang bisa membuat anda merasa dicinta mungkin saja jauh berbeda dari ada di kepala pasangan anda.  Mengapa??? karena definisi yang kita miliki tentang cinta banyak dipengaruhi banyak faktor : pola asuh, gender, budaya  dan pengalaman. Jadi apapun pandangan anda tentang mencintai dan dicintai keduanya adalah benar.  Untuk mendapatkan perkawinan yang sesuai dengan harapan, Cobalah tunjukan rasa cinta anda, seperti apa yang diharapkan pasangan anda.

5. Salah. Sebagian oorang memutuskan untuk berpisah atau bercerai karena mereka merasa rasa cinta pasangan mereka sudah memudar. Padahal anggapan itu tidak benar.  Pertama, orang tidak akan pernah kehabisan cinta.  Jika cinta terasa pudar, itu terjadi karena pernikahan mereka tidak dijadikan prioritas utama bagi mereka. Mereka amat jarang menghabiskan waktu berdua.  Mereka tidak pernah memberikan perhatian yang besar kepada perkawinan dan pasangan mereka.  Pekerjaan, anak-anak dan kewajiban lainnya jauh lebih PENTING  dibanding menghabiskan waktu berduaan.  Saat ini terjadi, kalaupun mereka memiliki waktu untuk berdua saja, biasanya diakhiri dengan pertengkaran.  Hal ini membuat mereka akhirnya berfikir bahwa mereka tidak lagi mencintai pasangan mereka. 
Kedua,  cinta bukan sekedar perasaan saja. Cinta adalah sebuah keputusan.  Orang-orang yang memiliki perkawinan yang bahagia memahami jika mereka melakukan aktivitas yang bisa menyuburkan rasa cinta mereka dengan pasangannya, maka mereka akan  merasa mencintai. Mereka memutuskan menghabiskan waktu berdua saja yang dilakukan secara teratur. Mereka juga saling memaafkan satu sama lain, menerima kekurangan pasangannya, meminta maaf kepada pasangannya saat melakukan kesalahan, dan mau menempatkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. 

6. Benar. Memang menyakitkan sekali menemukan pasangan kita berkhianat. Tapi ketika hal itu benar-benar terjadi, usaha untuk memaafkan dan memulai lagi semuanya dari awal tetap harus dilakukan, walaupun itu amatlah sulit. Kadang,.. mereka yang sudah disakiti mengatakan, bahwa luka mereka itu sulit disembuhkan. Mereka sulit memaafkan  dan kembali melanjutkan perkawinan mereka. Tetapi toh ada juga yang bisa memaafkan dan menyelamatkan perkawinan mereka. Bahkan peristiwa itu membuat perkawinan mereka lebih kokoh dibanding sebelumnya karena kedua belah pihak mampu bekerja sama untuk memulai lagi semua dari awal, tanpa mengungkit-ungkit lagi masa lalu.

7. Salah. Menurutsaya, walaupun memang benar bahwa sebagian orang bisa belajar dari kesalahan yang dilakukan pada perkawinan pertama mereka, dan bisa mendapatkan kebahagiaan dari perkawinan kedua mereka, hal itu tidak selalu sama bagi sebagian orang lainnya. Yang penting, tekad kita untuk mewujudkan pernikahan yang bahagia dengan pasangan kita.



~ The Power Of Mother ~




Ibu adalah sosok yang selalu dekat dengan anak-anaknya. Setiap kenangan akan ibu senantiasa menghadirkan rasa hangat. Tidak pernah kering telaga cerita tentang kenangan setiap orang kepada Ibunya. Pergeseran waktu, melahirkan generasi-generasi baru. Setiap zaman akan kah melahirkan pandangan yang sama tentang sosok IBU???
 
Adalah seorang IBU, seorang perempuan yang bermula sekali dipanggil manusia saat mereka hidup.. Masa kanak-kanak menelan seni kehidupan dan pada akhirnya, kebudayaan diukir atas kerja kreatif para jemari halus dan lembut ini. Peranan seorang ibu dipersepsikan secara nyata selaku pemelihara dan pembimbing. Mereka mensugesti, memberi motivasi, melarang, menghukum,  dan mengerjakan sesuatu bersama anaknya, merangsang berfikir, memuji dan sebagainya..

Menjadi perempuan tidak otomatis menjadi seorang ibu. namun seorang ibu pastilah seorang perempuan. Peran ibu pada hakekatnya sangat luas dan berat karena langsung bersinggungan dengan kemanusiaan. Secara normatif, aktifitas  domestik para ibu menjadi penunggu rumah, pengasuh anak-anak dan tengak tengok di depan kompor,.. takut masakannya hangus,... hehehehe,...

Begitupun dengan ibu ku,.. disela-sela kesibukannya, beliau masih dapat meluangkan waktunya untuk merawat dan memperhatikan kami anak-anaknya. Beliau menerapkan kedisiplinan dan kebersahajaan kepada anak-anaknya. keinginannya hanya ingi melihat anak-anaknya hidup bahagia dan selalu berada di jalan-Nya. Dalan setiap sujud dan do'a nya ia hanya memohon agar kami anak-anaknya suatu hari dapat menjadi orang yang berguna

Dari Ibuku,.. aku belajar ketegaran,... kemandirian,.. Ibuku adalah IDOLA bagiku. Tidak ada masalah yang tidak dapat dipecahkan, begitu prinsipnya.



My Label Shop




Saya merintis usaha bisnis kecil-kecilan via online sejak tahun 2009, memulainya dengan produk pelangsing yang saat itu BOOMING karena saya pun merasakan khasiat dari pelangsing tersebut. Dan akhirnya sejak itu banyak orang yang menghubungi saya dan membeli produk pelangsing itu.

Tidak disangka dari tahun ke tahun usaha saya bisa dibilang banyak peningkatan,... Alhamdulillah semua berkat kerja keras dan keuletan dan doa. Saat ini usaha yang saya geluti lebih banyak dibidang konveksi seragam oraganisasi, souvenir, handycraft dll,.. bagaimana permintaan customer. Dari Customer lah saya banyak belajar dan banyak pengetahuan yang didapat.

Baru sekarang saya terfikir untuk membuat Brand atau label untuk konveksi dan olshop saya, karena saya suka dengan warna merah muda,.. jadi semua latar belakang label berwarna nuasa baby pinky,... 

Ini Stiker Transparant untuk Label di souvenir mika, 
  ukurannya tidak terlalu besar hanya 2x3cm,
tadinya berbentuk kotak biasa,..
lalu aku revisi berbentuk oval,.. cantik kan



Dibawah ini Adalah Hang tag Untuk Baju koleksi
"The Lailys Collection"



Dibawah ini adalah Kartu Nama Olshop saya


Ini adalah Label woven untuk label di baju,
 biasanya untuk label baju seragam  PSK, PSU, PSL, PSR dan blazer Organisasii,
kadang saya gunakan juga untuk label tisu holder yang saya buat.







Jumat, 07 Juni 2013

~ Hidup & Perjalanan Hidup ~


tak selamanya jalan hidup ini mulus dan lurus, ada kalanya harus ber berkelok-kelok ke kanan dan ke kiri.

karena allah maha tahu yang baik bagi kita. walau sesekali hari menghadapi jalan naik, itu artinya kita kuat menghadapinya.

namun kadang jalan itu turun sangat curam, agar kita selalu waspada dan jangan terlena.

semoga apa yang kita hadapi dalam hidup, semoga tetap ada di jalan-nya dan keridhoan-nya. hanya itu yang bisa menyelamatkan kita.


diawali dengan doa dan semangat,...
selamat beraktifitas dan sukses,.. semoga selalu menyertai kita
amien,...





~ Sikap Hidup Kita ~


Sikap hidup kita sangatlah menentukan kehidupan kita.  Sikap yang positif dalam menanggapi persoalan hidup akan sangat berpengaruh bagi kebahagiaan kita.

Pikiran negatif hanya akan membawa kita terperosok jatuh semakin dalam, karena kita melihat segala sesuatu adalah penderitaan.

Namun pikiran yang positif akan membawa kita pada hal-hal yang positif pula. Positif dalam menghadapi kehidupan yang serba ini, positif dalam sikap kita terhadap sesama, Positif dalam merencanakan hari esok dan positif juga terhadap diri sendiri.

Lailyana Ayu




Kamis, 06 Juni 2013

~ Mars & Hymne Persit KCK ~




”MARS PERSIT KARTIKA CHANDRA KIRANA”
By : A Tampubolon 4/4 , bersemangat dengan perasaan


Bersatulah Kartika Chandra Kirana
Membantu Memupuk Membangun
Mendorong Suami ke Medan Juang
Untuk Nusa Dan Bangsa
Berikanlah Semangat Kepada Tugasnya
Mempertahankan Indonesia
Hiduplah Kartika Chandra Kirana
Hiduplah Bersaudara
Untuk S’lama-lamanya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Mp3 Download : Disini



Hymne PERSIT KARTIKA CHANDRA KIRANA”
By : A Tampubolon, 4/4, Con Espressione


Marilah Kita Bersatu Berjuang
Persit Kartika Chandra Kirana
Mengawal Prajurit memupuk Tunas
Untuk Keluhuran Nusa Dan Bangsa
Pancasila Undang Undang Dasar Empat Lima
Dasar Negara Republik Indonesia
Bersama Membangun Cita-Cita Pahlawan
Tuhan Selalu Beserta Kita.


~ Lailyana Ayu ~

Minggu, 19 Mei 2013

What are your favorite hobbies?



A hobby can be almost anything a person like to do in his spare time. Because the “Idle Mind is Devil’s workshop” therefore those who have developed a hobby never need to worry about what to do with their newly founded leisure hours.
 My hobby does not infringe on the rights of other people. It is not a noisy hobby like music. I can also earn money by selling my paintings to lover of fine arts. My hobby fills my heart with joy and colours and there it is my favourite hobby.
I don't think the word hobby is necessarily fading away. I just tend to hear many natives directly ask, "What do you enjoy doing?" more often than asking "What are your favorite hobbies?"

it is for the older generations? I grew up on the word hobby. I was seriously devoted to hobby painting on the fabric and shopping at hobby shops.

We don't usually have a hobby of something. We can make a hobby of something, often something that isn't usually a hobby, such as something that is usually done as an occupation, or some kind of reprehensible activity:

In the other direction, one can make a business of something that for most people is a hobby; sometimes, a person begins a craft, say, as a hobby, without the intention of making money at it, but then other people want to buy what he is producing, and eventually he makes a business or makes a living at what was once a hobby. P     ainting is a hobby of mine. I like to paint in my spare time.

Honestly, I rarely hear native speakers use the word "hobby." I tend to hear natives simply ask, "What do you like to do?" However, I tend to come across the word hobby quite often on social websites that allow you to introduce yourself to the public.

Grammatically, you can get away with "I have a hobby of painting." However, it may sound a bit odd to a native. As long as you're not violating grammatical rules, it shoudn't matter so much what natives think. Therefore, stick with "I have a hobby of painting" since your meaning still gets across.

However, if you insist on sounding native, you might want to say, "painting is one of my favorite hobbies."